Home » » Pembahasan Manajemen Operasional

Pembahasan Manajemen Operasional

Pembahasan soal – soal Ujian Tengah Semester

1.    Perencanaan produksi adalah merupakan salah satu komponen dari sistem produksi.
a.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem produksi ?
Sistem produksi adalah merupakan serangkaian elemen yang saling berhubungan dan saling menunjang untuk melaksanakan kegiatan penambahan manfaat dalam suatu perusahaan tertentu. Beberapa elemen – elemen tersebut antara lain adalah produk perusahaan, lokasi pabrik, susunan letak fasilitas produksi yang dipergunakan, lingkungan kerja para karyawan serta standar produksi yang berlaku didalam perusahaan yang bersangkutan..
b.    Jelaskan komponen – komponen lainnya dari sistem produksi?Yaitu : Komponen Perencanaan Produk , dalam  merencanakan terlebih dahulu produk apa yang diproduksinya, dalam kaitannnya dengan perencanaan produk, manajemen perusahaan akan berhubungan dengan komponen lainnya dalam menyusun perencanaan tentang fasilitas produksi yang akan dipergunakan, besarnya luas perusahaan, susunan tata letak fasilitas produksi, lokasi pabrik, standar produksi
c.    Jelaskan perbedaan perencanaan produk dengan perencanaan produksi?Perencanaan produk adalah tentang apa dan berapa , bagaimana produk yang dapat dihasilkan oleh perusahaan, Perencanaan produk bersifat jangka panjang tidak dapat dirubah sewaktu – waktu dan berhubungan dengan masalah teknis, karena terkait dengan masalah perencanaan sistem produksi. Sedangkan perencanaan produksi adalah penentuan tentang apa dan berapa yang segera akan diproduksi pada suatu periode / periode yang akan datang, perencanaan produksi sewaktu – waktu bisa dirubah. Karena yang mempengaruhi jumlah produksi ada beberapa faktor  yaitu Permintaan , tersedianya akhir dari suatu produk, kombinasi produk yg optimal.
2.    Jelaskan peranan manajemen dalam kegiatan operasi ?Yaitu berperan sebagai cara atau menata usaha – usaha dalam pengelolaan secara optimal   penggunaan sumber  daya – sumber daya (faktor – faktor produksi), tenaga kerja, mesin – mesin, peralatan, bahan mentah dan sebagaiannya dalam proses transformasi bahan mentah dan tenaga kerja menjadi berbagai produk atau jasa., dengan penerapan manajemen produksi/ operasi yang baik maka akan diharapkan proses produksi di suatu perusahaan tersebut akan berjalan dengan sebaik baiknya . Manajemen : Mencapai tujuan melalui orang lain serta sumber daya lainnya melalui proses planing, penggerakan/ staffing, controling dalam rangka menciptakan faedah baru/ menambah manfaat.
3.    Jelaskan hubungan antara input sistem produksi, sistem produksi dan out put sistem produksi.,
yaitu : Ketiganya mempunyai hubungan yang erat dalam suatu manajemen produksi dan operasi karena : dari awal  masukan (input)  baik dari kemampuan intelektual dan phisik dari manusia (pekerja), dana yang tersedia dan juga bahan baku dan  melalui proses transformasi melalui suatu sistem produksi akan dapat menghasilkan suatu keluaran atau output sistem produksi yang optimal. Sehingga ketiga elemen diatas adalah sangat penting yang berkaitan erat satu dengan lainnya.
4.    a. Apa yang dimaksud dengan AMDAL ?adalah : Analisa mengenai perubahan – perubahan yang terjadi akibat pendirian pabrik didaerah tententu sebelum mapun setelah didirikan dan juga dalam jangka waktu yang akan datang, baik dampak sosial mapun kesehatan dalam masyarakat sekitarnya. Penelitian ini dilakukan oleh konsultan atau perusahan – perusahan yang telah mempunyai sertifikasi tentang AMDAL. b.    Dampak yang ditimbulkan dari pendirian suatu pabrik adalah : pencemaran lingkungan dan polusi udara, dampak sosial dari kehidupan masyarakat disekitarnya terjadinya perubahan – perubahan kebiasaan dalam kehidupan dimasyarakat tersebut.

5.    a. Komponen – komponen yang perlu dipertimbangkan dalam penyusunan
           bangunan pabrik.
-    Lay out ( mesin –mesin serta alat – alat lain disusun secra teratur dalam melaksanakan proses produksi). Sehingga dapat lebih efisien dan optimal.
-    Ventilasi karena merupakan sirkulasi keluar masuknya udara di ruang pabrik .
-    Material Handling : Kegiatan mengangkat, mengangkut, memindahkan, meninggikan , merendahkan bahan setengah jadi dan atau barang jadi.
-    Maintenance : Kegiatan pemeliharaan dan perbaikan .
-    Jenis Bangunan : Pemilihan jenis ini dipengaruhi oleh produk yang dihasilkan dan bahan yang digunakan dan proses produksi. (Bertingkat, tidak bertingkat, Khusus)
-    Jenis/ Model atap dan bahan – bahan yang dipergunakan
-    Lantai , karena lantai merupakan tempat untuk mesin, bahan mentah dan barang jadi.

b.  Faktor – faktor yang mempengaruhi jenis bangunan pabrik :
-    Faktor Utama :
      Letak dari pasar : karena akan memudahkan dalam hal pengiriman/ penjualan ke pasar;
      Letak dengan Sumber – sumber bahan mentah;
      Terdapatnya fasilitas pengangkutan;
      Suplai dari buruh atau tenaga kerja yang tersedia;
     Terdapatnya pembangkit tenaga listrik / membangun pembangkit tenaga listrik sendiri.
 -  Faktor Sekunder :    Rencana masa depan : Lokasi   merupakan    persoalan  jangka  panjang , 
    maka keputusan yang diambil akan berpengaruh pada masa yang akan datang.
                                                              
Biaya dari tanah dan gedung
Kemungkinan perluasan atau ekspansi
Terdapat fasilitas service dan fasilitas untuk dinikmati masyarakat
Terdapat fasilitas pemebelanjaan
Masyarakat didaerah tersebut ( Sikap  dari masyarakat sekitar,  dan Keamanan)
 Iklim
c. Menyusunan bangunan pabrik perlu direncanakan secara matang karena ada variabel – variabel yang terdapat pada sistem produksi  bersifat jangka panjang tidak dapat dirubah – rubah karena terkait dengan variabel lainnya. Sehingga diperlukan suatu perencanaan yang benar – benar matang dalam hal penyusunan pabrik tersebut. 


Sumber2 :
Kenangan Tugas Manajemen operasional

Manajemen produksi I oleh Drs. Agus Ahyari
Dasar – dasar manajemen produksi dan operasi oleh T. Hani Handoko

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Mas Template
Copyright © 2011. Jawara Kampung Info - All Rights Reserved
Template Created by Mas Template
Proudly powered by Blogger