Home » » Tips Mengatasi Gatal Ulat Bulu

Tips Mengatasi Gatal Ulat Bulu

Akhir2 ini wabah ulat bulu di berbagai daerah terdengar santer, ada beberapa tips dalam menangani jika terkena ulat bulu, Menurut nenek moyang, tak perlu obat-obatan seperti cream atau salep khusus untuk mengobati gatal akibat ulat bulu. Alam sudah mendiakan obat, seperti beberapa alternatif berikut:

Biji Rimbang 
Untuk mengatasi rasa gatal yang disebabkan ulat Bulu, kita bisa mengambil beberapa biji rimbang. Rimbang ini kemudian dibelah dan digosok-gosokkan kebagian yang sakit, dan usahakan agar biji-biji kecil rimbang tetap menempel di bagian yang sakit.
Setelah itu tunggu sampai beberapa menit. Biasanya akan sembuh dalam beberapa menit. Begitulah kira-kira kegunaan rimbang ini. Dapat menawarkan racun yang mengakibatkan gatal-gatal pada kulit yang tersentuh ulat Bulu. Obat ini sering dipergunakan masyarakat Tobing Tinggi, Madina

Garam dan minyak goreng
Campurkan dua bahan tersebut ke dalam sebuah mangkuk kecil. Tak perlu terlalu banyak, cukup 1 sdt garam dan 1/2 sdm minyak goreng saja. Balurkan pada bagian yang bentol-bentol dan gatal. Kemudian biarkan dalam beberapa menit. Bentol-bentol akan mereda dan gatal pun ikut hilang.

Parutan Kunyit
Kunyit merupakan anti infeksi alami yang mampu merawat luka hingga kering dan sembuh. Bila gatal -gatal akibat ulat bulu muncul, cuci bersih kunyit dan parut bersama dengan kulitnya. Balurkan di tempat yang bentol dan gatal. Nyeri dan rasa panas akibat ulat bulu cenderung akan berkurang dan hilang.

Bawang Merah
Sama halnya dengan kedua bahan di atas, bawang merah juga mampu meredakan gigitan ulat bulu. Cukup dengan mencincang halus dan mengoleskannya di bagian yang bentol, perlahan bentol dan gatalnya akan mereda. Hati-hati saat menggunakannya pada anak-anak, karena bawang mengeluarkan zat yang bisa membuat mata terasa pedih dan mengeluarkan air mata. Sehingga, penggunaan bawang merah ini harus di bawah pengawasan orang dewasa.

Anda masih bisa menggunakan balsem, minyak tawon atau minyak kayu putih. Hindari menggaruk bagian yang gatal agar tidak menyebar dan lecet. Apabila gatal-gatal ini terjadi pada bayi Anda, maka bedak adalah pilihan paling bijaksana dan ampuh.


Bila gatal masih berlanjut Jawara sarankan segera ke dokter terdekat

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Mas Template
Copyright © 2011. Jawara Kampung Info - All Rights Reserved
Template Created by Mas Template
Proudly powered by Blogger