Home » » Manfaat Beras Merah bagi kesehatan

Manfaat Beras Merah bagi kesehatan



Beras merah dengan nama latin oryza sativa ternyata menurut riset dan penelitian lebih banyak memberi manfaat bagi kesehatan tubuh dibandingkan dengan beras putih yang biasa dikonsumsi sehari - hari.

Beberapa manfaat beras merah bagi tubuh yang dikumpulkan dari beberapa riset dan penilitian para pakar : 
  1. Beras Merah mempunyai kandungan vitamin B1, B6, dan B12 yang tinggi. Vitamin B memberi manfaat bagi pembentukan energi  tubuh manusia. Pembentukan energi di sel ini dicukupi oleh vitamin B yang salah satunya  ada di beras merah. 
  2. Kandungan seratnya lebih tinggi dibandingkan beras putih yang biasa dikonsumsi. Seperti diketahui bersama manfaat dari serat tersebut untuk mengurangi penyerapan gula dalam karbohidrat, serta penyerapan lemak yang masuk bersama makanan sehingga akan lebih menyehatkan.
  3. Mengandung  Selenium  merupakan bagian dari  enzim glutation peroksidase, yang berfungsi sebagai katalisator dalam pemecahan peroksida menjadi ikatan yang tidak bersifat toksik. Peroksida mempunyai kemampuan untuk mencegah penyakit kanker dan penyakit degeneratif lain.
  4. Mengandung Magnesium yang mengatur irama saraf dan otot dengan menyeimbangkan aksi kalsium , menurut beberapa studi bahkan mampu menurunkan   keakutan asma, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan frekuensi migrain, dan menurunkan risiko serangan jantung serta stroke.
  5. Selain mengandung karbohidrat, lemak, protein, serat, dan mineral, beras merah juga mengandung antosianin pada lapisan kulit beras merah ini berfungsi  sebagai antioksidan  yang mampu  mencegah penyakit hati (hepatitis),  kanker usus, stroke, diabetes, sangat esensial bagi fungsi otak dan mengurangi pengaruh penuaan  otak.
  6. Unsur gizi lain yang terdapat pada beras merah yaitu  fosfor yang banyak berfungsi bagi semua sel dalam tubuh, dan juga untuk otot tubuh.




16 comments:

  1. Kami menyediakan beras merah produksi Bojong Kabupaten Tegal dengan harga Rp.9800,-/kg. Beras merah kualitas super tanpa polesan. Untuk pemesanan 08112706669 a.n Eko Tegal.

    ReplyDelete
  2. wah ternyata kandungannya sangat baik bagi kesehatan ya, makasih infonya gan!!

    ReplyDelete
  3. Saya hampir tiap pagi sarapan beras merah bubuk dicampur dengan susu kambing bubuk. Makjossss....!

    ReplyDelete
  4. Thank you gan untuk informasinya...

    ReplyDelete
  5. Beras varietas mana yang diteliti, sepertinya masing-masing varietas berbeda kandungannya/rasa.

    ReplyDelete
  6. beras nerah klo untuk bayi bagus ga dikonsumsi tiap hari....????minta tlg info nya donk....

    ReplyDelete
  7. @Fera Afriansz : Sbagai ibu yg cerdas & peduli akan kesehatan bayi & asupan nutrisi bayi, pasti akan jeli dlm memilih makanan yg sehat bagi buah hatinya. Oleh karena itu, mengonsumsi beras merah sejak bayi merupakan salah satu cara menjaga kesehatan bayi., nNmun jika utk pertanyaan: bagus Ga dikonsumsi tiap hari? , sebaiknya ibu konsultasikan ke dokter pribadi ibu ato dokter gizi ditmpat ibu, trims maaf hanya sgitu,..

    ReplyDelete
  8. Terimakasih informasinya, semoga banyak orang yang sehat.
    http://www.facebook.com/berasMERAH.Berasorganik

    ReplyDelete
  9. terimakasih infonya,kunjungan balik ya.,..

    ReplyDelete
  10. Saya sudah memulainya, karena ada variasi dalam makanan pokoknya. Cuman untuk awalnya, saya campur dengan beras putih dengan perbandingan 1:1.

    ReplyDelete
  11. Klo pembaca ada yang butuh beras organik (beras merah, IR-64 maupun Pandan Wangi) bisa hubungi : Agung 0819 3507 3232.
    FREE ongkir khusus Surabaya

    ReplyDelete
  12. Banyak ya manfaat beras merah ini.

    ReplyDelete
  13. izin lewat ya, info nya bagus.. saya juga ada info2 kesehatan secara umum dan wawasan baru http://rasyidiansyah.blogspot.com/ visit ya

    ReplyDelete
  14. Makasih Infonya , Beras merah Lengkap Banget Manfaatnya .
    Mampir Ya di http://pondokibu.com/

    ReplyDelete
  15. Siip gan, infonya... thanks.
    http://naturalnasa.com

    ReplyDelete

 
Support : Creating Website | Mas Template
Copyright © 2011. Jawara Kampung Info - All Rights Reserved
Template Created by Mas Template
Proudly powered by Blogger