Cara Melindungi Flashdisk Anda Dari Virus

Tentang flashdisk pernah diulas sebelumnya yaitu dengan flashdisk  untuk menambah RAM Komputer, tapi kali ini mengenai cara melindungi flashdisk dari ancaman virus. 

 Bagi yang sering  menggunakan flashdisk sebagai media penyimpanan file. Apalagi sering berpindah - pindah  atau  berganti - ganti komputer, mungkin tanpa di sadari flashdisk yang kita gunakan terinfeksi virus dan kemungkinan bisa merusak  dan  data - data penting yang kita miliki akan hilang.

Cara untuk  memproteksi Flashdisk  adalah berikut ini : .

1. Membuat partisi Flashdisk jadi 2 bagian atau lebih.

Memiliki Flashdisk berkapasitas besar (diatas 1 GB) disarankan membuat partisi lebih dari satu. Dengan adanya partisi  ini dapat mengantisipasi jika terjadi kerusakan fatal baik disebabkan oleh virus atau penyebab lainnya, kita masih bisa menyelamatkan data disalah satu partisi seandainya jalan terakhir ‘memformat’ flashdisk harus dilakukan. Dalam membuat partisi format dengan NTFS (support windows 2000/2003/XP) bukan FAT32.

Buat satu bagian yang aman (kita harus memasukkan password untuk dapat mengakses bagian flashdisk yang aman "secure" ), dan 1 bagian lagi yang bisa diakses umum. Jika kita menggunakan Windows XP Pro (bukan home edition) dan format winnya NTFS kita dapat membuat password pada sebuah folder dengan langkah-langkah sbb:
  • Control panel >> Folder Options >> View >> 
  • Lihat checkbox bawah sendiri >> hilangkan tanda centang >> OK. 
  • Kemudian, Klik kanan folder yang mau di proteksi >> Properties >> Security >> beri tanda cek semua pada kolom deny >> OK. 
  • Folder yang bersangkutan akan berubah menjadi 0 byte.
2. Menggunakan tool/aplikasi untuk memproteksi USB Flashdisk.

Ada banyak sekali tool yang berfungsi untuk melindungi folder maupun file yang ada dalam storage device seperti:

    * File Protektor
    * Folder Guard
    * Folder Lock
    * Mysecretfolder
    * Usbdiskguard
    * Carryit
    * Easy file Pro
    * Dll

Dari semua tool tersebut pada dasarnya mempunyai fungsi yang sama yaitu memproteksi folder atau file dengan password sehingga orang lain tidak bisa mengakses folder tersebut atau virus tidak bisa menginfeksi folder atau file yang bersangkutan.

    * Easyfilepro bisa didownload disini http://www.softstack.com/fileprotpro.html
    * Mysecretfolder http://winability.com/mysecretfolder/

3. Mengkompres data maupun Meng-enskripsi data

USB Flashdisk biasanya disertai CD driver bawaannya, biasanya pula dalam CD driver tersebut ada tool untuk “Compression Support” maupun “Encription Support”.

Namun jika tidak ada Cd bawaan usb yang dimaksud, mak  kita dapat menggunakan tool lain seperti WinRar untuk melakukan kompresi dan memberikan password pada data yang dikompresi tersebut

(dari berbagai sumber)

No comments:

Powered by Blogger.