Cara Print Test Page Tanpa PC

Jika anda suatu hari sedang melakukan perawatan printer setelah selesai tentu anda akan melakukan test terhadap printer tersebut,  akan tetapi printer anda sedang tidak konek ke komputer atau mungkin anda tidak mempunyai driver untuk test printer tersebut. Solusinya ya gunakan selftest terhadap printer tersebut(test langsung tanpa PC).




Untuk test print tanpa PC sebanarnya tidak perlu mencabut kabel power. tetap ditancapkan saja tidak apa. Pertama , anda mau test print yang sekali saja atau yang terus menerus. Sebabnya test print ada 2, yang keluar sekali atau yang keluar terus menerus.

  1. Keluar sekali, caranya pas posisi printer hidup tekan tombol pause dan matikan printer dengan menekan tombol power, nyalakan printer kembali tanpa melepas tombol pause, tahan 3 detik dan lepaskan, test print akan berjalan sendiri.
  2. test print yang kluar terus, caranya posisi printer hidup tekan tombol pause dan Load/eject secara bersamaan dan setelah itu matikan printer, lalu nyalakan lagi. tanpa melepas kedua tombol tadi, tahan setidaknya min 3 detik dan lepaskan, test print akan berjalan terus menerus dan tidak akan berhenti sampai printer dimatikan

Caranya lainnya seperti berikut dibawah ini :


Printer Epson Series C4x, C5x, C6x, 7x.. 9x..

  1. Tekan tombol yang gambar kertas atau tombol sebelah power tahan...dulu
  2. Tekan power sambil tahan tombol yang tadi
  3. Lepaskan tombol power sambil terus menekan tombol yang tadi, tahan sekitar 5 detik setelah    tombol, power nyala.
  4. Lepaskan tombol yang tadi ditahan talu tekan 1x lagi.
Untuk jenis epson lainnya hampir sama caranya, namun untuk yang serie R (r21, 310, dlll..) pake tombol yang bergambar kertas (bukan yg bergambar tinta)


Printer Epson Cx Series

1. Tekan tombol yang bergambar tinta atau yang dibawah tombol power sambil tahan terus
2. Tekan tombol power sambil tahan tombol tadi.
3. Tunggu sampai kedua lampuindikator nyala dan head printer bergerak, tahan..
4. Lepaskan kedua tombol

Printer Canon Ix Series

Setelah printer nyala tekan tombol yang bawah (selain power ) lalu tahan tombol tsb sampai lampu berkedip sebanyak 2x kedip 1x kedip untuk cleaning head

Canon Bj Series

Tekan tombol 2x periodik (tempo yang sama )

HP Desk J Series 32.. 34.. 39...
Setelah printer nyala, tahan tombol power lalu (buka tutup) printer, sebanyak 3x hitungan cepat (buka tutup, buka tutup buka tutup)


Related Post :
- Cara Memilih Cartride Printer
- Cara mereset Canon IP 1000
- Cara Mereset Canon Pixma IP 1880

2 comments:

Powered by Blogger.