Geliat Pelabuhan Buleleng / Pelabuhan Singaraja

 on Wednesday, September 7, 2011  





Salah satu tempat menarik untuk nongkrong di Singaraja adalah Pelabuhan Buleleng atau Pelabuhan Singaraja, atau Pelabuhan Eks Sunda Kecil tempo dulunya, banyak orang sering memanggilnya cukup dengan nama pelabuhan. Tempatnya Terletak tepat di muara sungai di Kelurahan Kampung Baru / Kampung Tinggi. Pelabuhan tua ini tidaklah sepi dari berbagai aktivitas. Hampir setiap hari selalu ada warga Singaraja yang menyempatkan diri untuk singgah di pelabuhan.

Keramaian yang  padat biasanya di setiap minggu pagi.  Karena banyak warga Singaraja di minggu pagi melakukan aktivitas olahraga seperti lari pagi dan juga bersepeda. Di malam hari pun, kegiatan tidak kalah ramainya, bahkan terkadang lebih ramai dibandingkan pagi hari.
Malam hari banyak pedagang terutama penjual makanan yang berjualan disini. Hal ini menyebabkan suasana pelabuhan tampak ramai ketika di malam hari. Selain pedagang juga banyak anak muda Singaraja yang mangkal dan nongkrong di pelabuhan ini sepanjang malam.

Eks Pelabuhan ini mulai ditata, ini terlihat dari banyaknya bangunan tua di kawasan pelabuhan itu sudah dibongkar dan diratakan secara bertahap, hal tersebut karena menurut berita di koran di kawasan tersebut akan direncanakan dibangun Singaraja Convention Center (SCC) dengan biaya dari APBD senilai Rp3,2 miliar, yang ditargetkan rampung awal November mendatang. Pembangunan gedung tersebut sebagai salah satu langkah menyukseskan pelaksanaan festival topeng dunia yang digelar International Mask Arts and Culture Organization (IMACO) pada November 2011.

Coba dilihat bagaimana kondisi saat ini dan  perkembangan  Eks Pelabuhan Singaraja / Pelabuhan Buleleng ini mulai ditata seperti foto - foto yang diambil minggu pertama bulan september 2011 dibawah ini :







 
Kantor bekas K.P.M. (Koninklijke Pakketvaart Maatschappij) di dekat pelabuhan

 







Tampak "The Old Dutch Bridge" Jembatan Tua Belanda terkenal di Buleleng

Geliat Pelabuhan Buleleng / Pelabuhan Singaraja 4.5 5 Jawara Kampung Wednesday, September 7, 2011 Salah satu tempat menarik untuk nongkrong di Singaraja adalah Pelabuhan Buleleng atau Pelabuha...


No comments:

Post a Comment

Post Pilihan

Cara merangkai Janur menjadi Ketupat Lebaran

Menjelang Lebaran Idul Fitri tentu  para wanita sibuk untuk mempersiapkan berbagai menu hidangan yang akan disediakan bagi kerabat kel...