Home » » Pengertian HTML , PHP, JavaScript dan Web server

Pengertian HTML , PHP, JavaScript dan Web server

Sekilas Tentang HTML

HTML (Hyper Text Markup Language) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).

HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer. HTML juga dapat dikenali oleh aplikasi pembuka email ataupun dari PDA dan program lain yang memiliki kemampuan browser.
HTML dokumen tersebut mirip dengan dokumen teks biasa, hanya dalam dokumen ini sebuah teks bisa memuat instruksi yang ditandai dengan kode atau lebih dikenal dengan TAG tertentu. Sebagai

Sekilas Tentang PHP
Php (hypertext preprocessor) dalam pengertian mudahnya adalah bahasa pemrograman yang berfungsi untuk membuat website dinamis maupun aplikasi web.
Sedangkan pengertian lainnya php itu adalah suatu bahasa server-side scripting yang menyatu dengan HTML untuk membuat halaman web yang dinamis :o

Server-side scripting disini dimaksudkan adalah suatu sintaks dan perintah-perintah PHP dimana mereka hanya akan dieksekusi di server kemudian hasilnya dikirim ke browser dalam format HTML. Sehingga kode-kode program PHP tidak akan terlihat oleh user sehingga keamanan web bisa dikatakan terjamin.
Sebagai contoh jika kita meng-save as suatu website dimana website tersebut ada implant phpnya maka kita tidak akan ikut mengesave source code phpnya, mungkin yang tercopy hanya source HMTL, JavaScript, dan CSS sedangkan PHPnya tidak tercopy 8)

Apa sih manfaat website ber-php itu dibandingkan dengan website hanya ber-HTML saja  ?
Php itu bisa dibilang berbeda dengan HTML yang hanya bisa menamplakan konten statis. Dengan PHP kita bisa berinteraksi dengan database, file, dan folder sehingga seperti pengertian diatas, php membuat website menjadi dinamis. Dengan adanya kelebihan php tersebut kita bisa membuat suatu website berbasis blog, toko online, CMS, forum, dan website social networking yang paling terkenal saat ini ya facebook itu.

Syarat untuk menjalankan PHP
Kita tidak bisa langsung menjalankan code program php seperti halnya HTML. Jika kita ingin menjalankan php kita membutuhkan suatu web server, dimana web server bertugas untuk memperoses file-file php dan mengirimkan hasil pemrosesan itu untuk ditampilkan di browser client. Contohnya saja hmm menu kalkulator. Jika di website kita diberi suatu form berfungsi kalkulator maka di website tersebut kita memasukan angka-angka dan perintah, kemudian angka-angka tersebut akan diproses di dalam web server dan hasilnya akan dikembalikan ke browser client.

Web server itu sebenernya apa dan bagaimana sih?

Web server itu adalah software yang diinstal pada computer local ataupun computer lain yang berada di jaringan internet atau intranet yang berfungsi untuk melayani permintaan-permintaan web dari client.

Web server yang sering digunakan adalah Apache, PHP binary, MySql. Lha untuk lebih mudah menggabungkan ketika item itu ada sebuah software dimana dapat mengkonfigurasi ketika item tersebut sehingga pengaplikasiaanya lebih mudah. Contoh software-software tersebut adalah Lamp, Xampp, Wamp, Mamp dll. Dimana software-software tersebut harus diinstal dahulu baru bisa digunakan.

Apa itu Javascript?
Javascript adalah bahasa yang berbentuk kumpulan script yang pada fungsinya berjalan pada suatu dokumen HTML , bahasa skrip pertama untuk web , bahasa pemograman yang memberikan kemampuan tambahan terhadap bahasa HTML dengan mengizinkan perintah-perintah pengeksekusian pada user.

Javascript bergantung kepada browser (Navigator) yang memanggil halaman web.
Javascript tidak memerlukan kompilator atau penerjemah khusus untuk menjalankannya.

1 comment:

 
Support : Creating Website | Mas Template
Copyright © 2011. Jawara Kampung Info - All Rights Reserved
Template Created by Mas Template
Proudly powered by Blogger