Belajar dari Tembok Besar Cina (The Great Wall of China)

 on Monday, December 19, 2011  

Tembok besar Cina atau dalam istilah Bahasa Mandarin adalah "wanli changcheng" yang berarti "tembok yang panjangnya 10 ribu li". Mungkin anda pernah berpikir butuh berapa lama untuk membangun tembok sebesar  dan sepanjang itu?

Kumpulan tembok-tembok  ini mengikuti bentuk pegunungan Cina utara, yang berderet dari  Shanhaiguan hingga ke Teluk Bohai di sebelah timur yang terletak bersebelahan dengan sempadan China dan Manchuria, dan hingga Lop Nur di sebelah tenggara wilayah Xinjiang ini ternyata butuh 300 tahun dalam penyelesaiannya. Luar biasa!! .

Jadi kalau kita asumsikan satu generasi adalah 30 tahun, berarti pembangunan Tembok Besar Cina perlu waktu 10 generasi dan ini berarti perlu beberapa dinasti kerajaan untuk menuntaskan satu proyek luar biasa ini.

Pelajaran apa yang didapat dari sejarah pembuatan diatas tadi??  Adalah Adanya suatu keyakinan yang besar pada bangsa Cina pada waktu itu bahwa bangsanya akan tetap ada dan tetap eksis dari generasi demi generasi setelah mereka sudah tiada.

Ada perspektif ke masa depan yang sangat panjang, ada keyakinan tentang kejayaan bangsa mereka yang dihayati oleh mereka yang ikut terlibat dalam proyek besar tersebut saat itu.

Dan Kita bisa bayangkan bahwa di setiap generasi dengan ikhlas bekerja dan mereka paham bahwa mereka tidak akan menyaksikan bagaimana tembok tersebut akan selesai nantinya.

Walaupun demikian, batu demi batu tetap dipasangkan, generasi demi generasi tetap menjalankan tugas berat ini untuk kejayaan bangsanya.

Untuk lebih jelasnya, Bagaimana bentuk hasil keyakinan dari pelajaran tadi, kita lihat Foto - Foto
"The Great Wall of China" dan seorang model Vina Aslam yang sedang berlibur disana :






Belajar dari Tembok Besar Cina (The Great Wall of China) 4.5 5 Jawara Kampung Monday, December 19, 2011 Tembok besar Cina atau dalam istilah Bahasa Mandarin adalah " wanli changcheng " yang bera...


No comments:

Post a Comment

Post Pilihan

Waspadai Email Phising, Teknik Umum Dipakai Hacker Intip Informasi Rahasia Anda

Maraknya email berbahaya atau phishing beredar di internet,  salah satunya mungkin bisa juga masuk ke Akun  email Anda, untuk itu tetap was...