Inilah Tangkapan Ikan Marlin Di Perairan Pantai Buleleng, Dan Tips Mancing Marlin

Jangan pernah mengaku pemancing sebelum menaklukan Ikan Berparuh (Billfish), sebab Jenis berparuh dianggap paling kuat bagi para pemancing handal. Kebanyakan dari jenis ini akan mempertontonkan atraksi yang cukup lengkap seperti menyelam, melompat, bagai menari dipermukaan air dengan perlawanan yang kuat.



Salah satu Billfish yaitu Marlin, ikan jenis ini terbilang tangguh, di kalangan para pemancing, Nah bagaimana caranya memancing ikan marlin?  terkadang walaupun umpan sudah dipasang dengan benar dan ikan sudah melihat keberadaan umpan tersebut, namun belum tentu ikan marlin mau memakannya. Tak jarang ikan hanya memain-mainkan umpan menggunakan ujung mulutnya yang lancip, lalu pergi menjauh begitu saja.perlu tantangan.

Berikut Ini Tips Mancing Marlin :  

Persiapan Umpan

Tahap paling awal adalah menyiapkan umpan. Umpan bisa berupa lure (umpan buatan), misalnya konaheaad (umpan berbentuk cumi-cumi), ikan segar, atau ikan hidup. Bila memakai lure, gunakan yang berujung miring-supaya bisa 'melompat-lompat' di permukaan air-dan bagian kepalanya empuk kalau dipegang. Lure berwarna mencolok (merah, oranye, jingga) dipakai jika air laut agak keruh. Sedang lure berwarna perak, hitam perak, hitam biru, atau hijau dipakai jika air laut jernih.

Bila memakai ikan segar, terlebih dahulu isi perut dan insangnya dibuang. Setelah mata pancing dipasang, perut ikan dijahit kembali. Idealnya bobot ikan untuk umpan sekitar 0,5-1 kg. Bila perahu dilengkapi dengan outrigger (alat khusus 'pemegang' kenur), di sebelah kanan perahu dipasang umpan yang dapat 'melompat-lompat', sedang di sebelah kirinya umpan yang 'menyelam'. Umpan akan melompat-lompat jika mata pancing dipasang di bagian muka ikan. Supaya dapat menyelam, mata pancing dipasang di perut bagian bawah, dan di bagian kepala dipasang timah pemberat.

Jenis ikan yang bisa dipakai sebagai umpan hidup ialah tongkol, kembung dan sejenisnya. Meskipun bobot ikan umpan bisa mencapai 30 kg, namun idealnya sekitar 2 ons/ekor. Supaya ikan umpan tidak cepat mati, mata pancing dipasang di atas kepala ikan dengan tali yang menembus kedua matanya, atau dipasang dangkal di bagian punggunnya.

Persiapan Alat

Agar dengan kenur kecil bisa didapat ikan yang bobotnya berat, drag (pengatur kenur agar los pada kekuatan tarik tertentu) harus disetel pada sepertiga kelas kenur. Misalnya kenur yang dipakai kelas 50 lb, drag disetel agar pada beban seberat 16-17 lb, kenur langsung terulur.

Tabel berikut menunjukkan penyetelan drag untuk berbagai kelas kenur.


Ikatan kenur ke swivel (kili-kili) dan leader harus benar, supaya penurunan kekuatan kenur pada ikatan tersebut hanya berkurang 5-10 persen. Leader biasanya dibuat dari monofilamen yang agak besar atau kawat. IGFA mengatur panjang leader maksimal + 9 m untuk kelas kenur lebih besar dari 20 lb, dan 4,57 m untuk kelas di bawah 20 lb. Leader berguna untuk menarik ikan yang berhasil dipancing dan mencegah putusnya kenur karena tergores gigi ikan.


Kenur yang dipakai dianjurkan ukuran 30 lb atau 50 lb. Artinya, kenur mampu menahan beban tarikan maksimal 30 lb (15 kg) atau 50 lb (24 kg). Jika masih ragu-ragu, boleh juga memakai kenur 80 lb atau 130 lb (37 kg atau 60 kg) supaya risiko putus lebih kecil. Kelak, jika sudah terbiasa memancing marlin, kenur yang lebih kecil (20 lb atau 10 lb) boleh dipakai. Dan pada saat itulah puncak keasyikan memancing ikan besar dapat dinikmati.

Diulur Lalu Di­-Strike, Berontak ke kiri

Marlin mempunyai perilaku makan khusus. Ikan kecil yang akan dimakan selalu dipukul dahulu dengan 'tombak'-nya sehingga 'semaput', baru kemudian disambar dengan bagian kepala dicaplok lebih dahulu. Kebiasaan ini penting diketahui pemancing ikan marlin.

Saat umpan terlihat/terasa dipukul marlin, kenur harus segera diulur supaya umpan melayang seperti ikan sungguhan. Bila tidak, dipastikan marlin tidak akan menyambar umpan yang dipasang. Kenur cukup diulur selama sekitar 10 detik, kemudian kenur secepatnya di-strike (drag dinaikkan).

Bila memakai outrigger proses ini bisa berlangsung secara otomatis. Kenur akan terulur sekitar 20 meter. Tentu saja saat itu reel harus dalam keadaan los. Kalau sudah terdengar bunyi, segera di-strike.


Cara Lain Menipu Marlin

Pemilihan Umpan

Dalam memancing ikan marlin, Anda bisa menggunakan umpan asli atau umpan buatan (lure). Umpan asli yang bisa dipakai seperti ikan tongkol, ikan kembung, dan sebagainya dalam kondisi yang segar, serta memiliki bobot sekitar 2-5 ons/ekor. Sebelum dipasang di kail, perut ikan dan insangnya harus dibuang dahulu lalu dijahit kembali.

Sementara itu, umpan buatan yang cocok diberikan kepada ikan marlin adalah lure yang berbentuk ikan atau cumi-cumi. Usahakan umpan tersebut mempunyai kepala yang empuk dan panjangnya tidak sama supaya dapat melompat-lompat ke permukaan air. Pada saat kondisi air laut sedang jernih, Anda bisa memasang lure yang berwarna mengkilap seperti perak, hitam keperakan, hitam kebiruan, atau hijua. Sedangkan bila air laut keruh, gunakan lure yang berkelir mencolok seperti merah, kuning, dan jingga.

No comments:

Powered by Blogger.