Jenis Vespa dari tahun ke tahun

 


Semaraknya komunitas penggemar Vespa di tanah air, menurut beberapa info sangat dipengaruhi   oleh “Vespa Congo” yang dihadiahkan  kepada Pasukan Penjaga Perdamaian Indonesia yang bertugas di Congo pada waktu itu oleh Pemerintah Indonesia. (Klik posting : "Portraits from the Congo" )

Sejak saat itu maka banyak Vespa Congo berkeliaran di jalanan, dan  mulailah Vespa menjadi salah satu pilihan kendaraan roda dua di Indonesia dan perkembangannyapun mendapat dukungan para Importir lokal Vespa yang ada di tanah air.

Sejarah Vespa (dalam bahasa indonesia berarti tawon) sendiri  dimulai sejak Perusahaan Piaggio didirikan di Genoa, Italia pada tahun 1884 oleh Rinaldo Piaggio yang awalnya hanya membuat peralatan kapal. Setelah itu berkembang juga memproduksi Rel Kereta, Gerbong Kereta, body Truck, Mesin dan Kereta api. Saat Perang Dunia I, perusahaannya memproduksi Pesawat Terbang dan Kapal Laut.

Pabrik Piaggio dibom oleh pesawat sekutu saat akhir perang  Dunia II. Setelah perang usai, Enrico Piaggio mengambil alih Piaggio dari ayahnya (Rinaldo Piaggio). Pada saat itu perekonomian Italia sedang memburuk, Enrico memutuskan untuk mendisain alat transportasi yang murah. Enrico memutuskan untuk fokuskan perhatian perusahaannya pada masalah personal Mobility yg dibutuhkan masyarakat Italia.

Di tahun 1945,  dengan awal sebuah konsep sepeda motor berkerangka besi dengan lekuk membulat bagai terowong. Mengejutkan, ternyata bagian staternya dirancang dengan menggunakan komponen bom dan rodanya diambil dari roda pesawat tempur.

Maka muncullah pertama kali produk motor dengan seri MP5. Kendaraan ini berteknologi sederhana tetapi punya bentuk yang amat menarik. Pada April 1946, prototip MP6 ini mulai diproduksi masal di pabrik Piaggio di Pontedera, Italia.

Pada Akhir 1949, telah di produksi 35000 unit dan dalam 10 tahun telah memproduksi 1 Juta unit dan pada pertengahan tahun 1950. Selama tahun 1960-an dan 1970-an Vespa menjadi simbol dari revolusi gagasan pada waktu itu.

Perkembangan selanjutnya, produk ini ternyata laris diserap pasar Prancis, Inggris, Belgia, Spanyol, Brazil, dan India bahkan sangat laris bukan hanya di pasar domestik.Selain itu, India pun memproduksi jenis dan bentuk yang sama dengan mengambil mesin Bajaj. Jenisnya adalah Bajaj Deluxe dan Bajaj Super. Sejumlah pihak lantas mengajukan lamaran untuk joint membuat Vespa. Maka pada 1950 munculah Vespa 125 cc buatan Jerman.

Pada saat itu banyak negara lain menjadi pesaing dengan membuat produk serupa, di antaranya adalah Lambretta, Heinkel, Zundapp, dan NSU. Bagi masyarakat Indonesia, produk Lambretta dan Zundapp, sempat populer di era 1960-an.

Vespa bukan hanya sekedar Scooter tapi salah satu Icon besar orang Italia dan Sampai saat ini juga sudah puluhan varian Vespa yang ada di Indonesia sampai - sampai Indonesia disebut-sebut sebagai surganya Vespa.

Berbagai Jenis Vespa dari tahun ke tahun yang pernah ada adalah sebagai berikut :

Mp5(moto piagio 5) PAPERINO
 Diproduksi tahun 1943 saat akhir perang dunia ke 2 dengan spesifikasi sebagai berikut :
  • mesin : 2stroke single sylinder
  • bore : 50mm
  • stroke : 50mm
  • top-speed : 60km/jam
  • transmisi : Chain atau cardan
  • rem : Drum
  • ban : 4.00-10

Mp6 PROTOTIPE
Diproduksi tahun 1945 dengan spesifikasi sebagai berikut :
  • mesin : 2stroke single sylinder dengan sylinder terbuat dari besi
  • bore : 50mm
  • stroke : 50mm
  • top-speed : 37.28 mph
  • transmisi : Chain atau cardan
  • rem : Drum
  • ban : 3.50-8

Vespa 98 Seri pertama 1946
  • MESIN: 2t, 98 cc
  • Bore: 50 mm.
  • STROKE: 50 mm.
  • TENAGA: 3,2 hp pada 4500 rpm.
  • KECEPATAN: 3 Kecepatan
  • POWER: Porting silinder Piston, Dell’Orto T2 16/17 (model awal), Dell’Orto TA 17 tanpa filter
  • RODA: 3.50 × 8
  • SUSPENSI: baja pegas, bantalan karet di bagian belakang
  • Rem: depan drum, belakang drum
  • LAMPU: Posisi depan 5W 6V, lampu depan rendah 15W 6V, belakang 6V 5W
  • KLAKSON: 12v 25W
  • WARNA: Grey (Kode 8003M)
  • RUST: Red Opaque Fund (Kode 10055M)
  • TANKI: 5 liter
  • KECEPATAN: 60 Km / jam
  • SASIS: V98 1001-2484


VESPA 98 SERI KEDUA 1946

  • ENGINE: 2t, 98 cc
  • Bore: 50 mm.
  • STROKE: 50 mm.
  • POWER: 3,2 hp pada 4500 rpm
  • SPEED: Kecepatan 3
  • POWER SUPPLY: Porting yang Piston silinder, Dell’Orto TA 17 tanpa filter
  • RODA: 3.50 × 8
  • SUSPENSI: baja pegas, bantalan karet di bagian belakang
  • Rem: depan drum, belakang drum
  • LAMPU: Front posisi 5W 6V, 15W 6V balok depan rendah, belakang 6V 5W
  • HORN: 12v 25W
  • WARNA: Grey metalik (Kode 8000M)
  • RUST: Dana Buram Merah (Kode 10055M)
  • TANK: 5 liter
  • SPEED: 60 Km / jam
  • CHASSIS: V98

NEXT > 1 2 3
Jenis Vespa dari tahun ke tahun 4.5 5 Jawara Kampung Semaraknya komunitas penggemar Vespa di tanah air, menurut beberapa info sangat dipengaruhi   o...


9 comments:

  1. terima kasih banyak telah berbagi informasi tentang jenis vespa dari tahun ke tahun... semoga tuhan memberikan yang terbaik bagi kita semua

    ReplyDelete
  2. bang jika boleh ane copas materi di blog abang ya hehehehe

    ReplyDelete
  3. Selamat pagi, apakah saya boleh tau daftar pustakanya mas ?
    Trims

    ReplyDelete
  4. Selamat pagi, apakah saya boleh tau sumber informasinya mas ?
    Trims

    ReplyDelete
  5. Sumber: motorlama-scootersemok blog

    ReplyDelete
  6. trimakasih sudah berbagi info nya....
    Salam berjuta saudara....

    ReplyDelete

Post Pilihan

Ini Dia 9 Seleb Dengan Tinggi Badan di Atas Rata-Rata Loh

Sudah cantik tinggi pula, ini dia 9 Seleb di Indonesia dengan tinggi badan diatas rata - rata seperti  yang pernah dimuat kapanlagi.com , La...