File Cache Cara Kerja, Dampak Dan Cara Menghapus File Chache Di Smartphone Anda

Ponsel Anda mulai melambat? Penyebab salah satu ponsel menjadi melambat yakni menumpuknya file cache dalam memori ponsel. Apa sih cache memori pad aponsel?  Cache memory adalah memory yang berukuran kecil yang sifatnya temporary (sementara). Tapi jangan salah walaupun ukuran filenya sangat kecil namun mempunyai kecepatannya sangat tinggi yang berfungsi menjembatani aliran data antara processor dengan memory utama (RAM) yang bersifat sementara saat software/aplikasi di jalankan.
 

Fungsi cache secara umum sebagai tempat menyimpan data sementara, yang akan mempermudah dan lebih cepat  transfer data. Saat aplikasi dijalankan, prosecessor akan mengakses cache sehingga apabila ada data yang ingin diakses adalah data yang sama maka maka akses akan dapat dilakukan lebih cepat.
Berdasarkan keterangan diatas,maka dapat dikatakan bahwa cache ialah tempat menyimpan data. Sifat dari data yang tersimpan di dalamnya ialah sementara (temporary). Peran dari cache ialah mempercepat permintaan data yang bersifat sama.

Fungsi Cache Memori
Seperti apa yang telah diungkapkan di atas bahwa cache merupakan tempat penyimpanan data yang bersifat sementara. Fungsi dari Cache Memory adalah sebagai tempat menyimpan data sementara atau intruksi yang diperlukan oleh processor. Secara gampangnya, cache berfungsi untuk mempercepat akses data pada komputer karena cache menyimpan data atau informasi yang telah di akses oleh suatu buffer, sehingga meringankan kerja processor. Jadi Bisa disimpulkan fungsi cache memory yaitu:

A. Mempercepat Akses data pada komputer
B. Meringankan kerja prosessor
C. Menjembatani perbedaan kecepatan antara cpu dan memory utama.
D. Mempercepat kinerja memory.

Cara Kerja Cache
Jika prosesor membutuhkan suatu data, pertama-tama dia akan mencarinya pada cache. Jika data ditemukan, prosesor akan langsung membacanya dengan delay yang sangat kecil. Tetapi jika data yang dicari tidak ditemukan,prosesor akan mencarinya pada RAM yang kecepatannya lebih rendah. Pada umumnya, cache dapat menyediakan data yang dibutuhkan oleh prosesor sehingga pengaruh kerja RAM yang lambat dapat dikurangi. Dengan cara ini maka memory bandwidth akan naik dan kerja prosesor menjadi lebih efisien.

Jika menyimak penjelasan mengenai kinerja dari cache di atas, maka dapat dikatakan bahwa cache itu akan menumpuk dalam memori atau RAM. Penumpukan tersebut jika dibiarkan dalam waktu lama,  dapat cukup memakan banyak ruang. Ditambahkan pula bahwa bertambahnya jumlah cache dapat membuat smartphone menjadi melambat.

Menghapus Cache tanpa Aplikasi
Menumpuknya cache dalam memory smartphone dapat menyebabkan menjadi lambat. Oleh sebab itu ada sarana yang dapat dipergunakan untuk membuat smartphone kembali memiliki ruang yang cukup lega. Ada dua tawaran bagi para pemilik smartphone untuk mendapatkannya, yakni secara manual atau menggunakan aplikasi yang ditawarkan.

Menghapus chace tanpa aplikasi.
Dapat dilakukan proses, Masuk ke menu setting, lalu klik pada bagian penyimpanan atau dalam bahasa Inggrisnya ialah storage. Biarkanlah beberapa menit agar smartphone bekerja untuk menghitung seluruh memori yang ada di dalamnya.

Tanda ketika proses perhitungan memori selesai ialah kita dapat melihat file yang terdapat di dalam memori handphone atau pun pada micro sd. Di dalam jajaran memori tersebut ada pilihan “data dalam cache”. Tulisan tersebut bisa saja terdapat pada memori smartphone atau micro sd. Jika ingin membuat smartphone menjadi ringan, kita dapat menghapus “data dalam cache” pada memori internal maupun micro sd.

Setelah membersihkan, biarkan proses berlangsung hingga tulisan “data dalam cache” pun menghilang. Setelah melakukan proses tersebut, maka dapat dikatakan smartphone sudah bersih dari cache. Demikianlah cara membersihkan cache yang terdapat pada smartphone tanpa menggunakan aplikasi.

Membersihkan Cache dengan Aplikasi
Bagi para pengguna Android jika ingin mengandalkan aplikasi untuk membersihkan cache, dapat mendownloadnya di market android. Di dalam market terdapat beberapa aplikasi yang dapat diandalkan untuk menghapus cache, di antaranya ialah:
  1. App Cache Cleaner : aplikasi ini sudah digunakan oleh 10 jt lebih pengguna dan sudah mendapatkan review baik dari para penggunanya.
  2. CCleaner : aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 10 jt lebih pengguna. Angkanya sama dengan App Cache Cleaner. Selain di smartphone, aplikasi ini juga bisa digunakan pada pc atau pun notebook. Beberapa dari pengamat dan pengguna komputer juga pasti telah mengenal aplikasi pembersih ini.
  3. Clean Master : aplikasi ini sudah diunduh kurang lebih sebanyak 100 juta lebih dan telah diberikan bintang lima oleh lebih dari 21.847.258 penggunanya.
  4. Clear Cache: aplikasi bergambar tempat sampah ini sudah diunduh sebanyak 10 ribu dan mendapatkan bintang lima dari para penggunanya sebanyak 186.
  5. Masih banyak aplikasi lainnya yang dapat diandalkan untuk membersihkan cache. Itu pun dapat diperoleh di aplikasi googleplay. Namun, bagus atau tidaknya aplikasi tersebut tergantung pada user dari smartphon. Penilaiannya ialah apakah aplikasi itu dapat menghilangkan data pada cache secara menyeluruh atau tidak. Bintang pada aplikasi tidak menggambarkan bahwa aplikasi tersebut adalah aplikasi yang dapat diandalkan untuk menghapus cache karena bisa saja ada pengguna yang tidak mau memberikan review terhadap aplikasi tersebut.

Dampak dari Bersihnya Cache dari Smartphone
Ketika cache dibersihkan dari smartphone, maka smartphone dapat: melegakan memori, smartphone dapat bekerja lebih baik, loading sebuah aplikasi akan menjadi lebih lama dibandingkan saat masih ada cache, Cache yang terhapus akan menyebabkan kuota data sedikit lebih banyak untuk mengunduh script lengkap dari sebuah situs (browser), dan mengosongkan cache bisa menghemat daya baterai. Karena pembacaan cache yang besar akan membutuhkan sumber daya baterai yang besar pula.

Demikianlah ulasan mengenai cache dan bagaimana menghapusnya dari smartphone. Semoga artikel ini berguna bagi pembaca. Terima kasih.

No comments:

Powered by Blogger.